pemilik blog ini

saya ja'far luqman sekolah di tk tmabak rejo lanjut di MI darul ulum tmbak rejo waru sidoarjo lalu pndah ke MI salafiah mojogeneng jatirejo mojokerto lalu pndah lagi ke MI darul ulum waru sidoarjo terus melanjutkan k MTS muhajirin mojokerto lalu pndah k SMK AL AMIN surabya

Saturday, April 28, 2012

pengertian nirmana


Pengertian nirmana
       Nirmana dapat diartikan sebagai mode, ukuran, matra, atau dimensi. Dalm konteks tertentu, nirmana juga diartikan sebagai latar belakang yang mendukung sesuatu pada suatu karya seni grafis. Nirmana tidak terlepas dari dari konsep warna,bidang,bentuk,garis,irama,serta tekstur,karena sebuah nirmana memilki keterkaitan erat dengan unsur2 tersebut.
          Nirmana merupakan salah satu unsur dasar yang penting yang digunakan dalam membuat suatu karya seni. Manfaat diketahuinya nirmana adalah mengetahui dan memahami nirmana sehingga dapat diaplikasikan dalm desain interior rumah,desain mebel, desain kartu undangan,poster, dan sebagainya. Nirmana lebih mementingkan pengamatan,pengenalan,dan keterampilan merangkai elemen2 yang tercakup dalm nirmana tersebut.
          Berdasarkan bentuknya,nirmana terbagi menjadi dua, yaitu niramana datar (dua dimensi) dan nirmana ruang (tiga dimensi).nirmana datar dikembangakn dengan memanfaatkan perpaduan garis dan bidang serta warna-warna yang monogramatik.sedangkan, nirmana ruang dikembangakan dengan cara menyusun dan mengharmoniskannya dengan situasi lungkungan sekitarnya.
Nirmana memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.    Center of interest ( fokus yang memusat),yaitu cara menampilkan atau menyajikan suatu unsur rupa , baik garis,warna atau bentuk sebagai titik fokus  gambar.pencapaian fokus yang memusat tersebut dapat dibuat denagan kontrass warna,bentuk yang berbeda,atau irama yang berbeda dari keseluruhan gambar.
2.    Irama,yaitu cara menciptakan kesan bergerak terhadap unsur rupa ,baik garis,warna atau bentuk. Pencapain irama dapat dilakukan berulang-ulang maupun dinamis sehingga secara keseluruhan tidak terkesan menonton.
3.    Keseimbangan, yaitu penempatan berbagai unsur rupa dasar secara acak maupun beraturan dengan menekankan prinsip keseimbangan komposisi unsur-unsur rupa di dalamnya.
4.    Simetris, yaitu susunan dua atau lebih unsur rupa yang sama bentuknya dan diletakan sejajar atau setara, unsur rupa tersebut biasanya memilki kemiripan atau kesamaan bentuk.
5.    Kesatuan, yaitu keseluruhan dari berbagai unsur rupa yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain secara baik.
6.    Gradasi, yaitu susunan warna dari warna terendah hingga warna terkuat atau sebaliknya . pencapaian gradasi dapat melalui warna dan bidang dua dimensi maupun tiga dimensi.   

No comments:

Post a Comment